Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perdes APBDes 2019 Format Permendagri 20/2018

Infografis Perdes APBDes 2019 terbaru
Perdes APBDes Tahun 2019 (terbaru)
Desa-membangun-indonesia.blogspot.comBagaimana cara menyusun atau juknis (petunjuk teknis) penyusunan Perdes APBDes 2019? Bagaimana contoh format Perdes APBDes 2019? Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2019 disusun berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2019 yang sebelumnya sudah ditetapkan melalui Perdes RKPDes 2019. 


Lebih lanjut, Baca Juga : Contoh Format RKPDes 2019

Selain itu, APBDes atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun 2019 adalah dokumen penganggaran yang menjadi dasar penyusunan Peraturan Kepala Desa (Perkades) tentang Penjabaran APBDes tahun anggaran 2019. APBDes 2019 juga merupakan dasar pengelolaan keuangan desa dalam masa 1 (satu) tahun anggaran mulai tanggal 1 Januari 2019 sampai dengan tanggal 31 Desember 2019.

Seperti kita ketahui bahwa dalam penyusunan dan penetapan APBDes ada dua pihak yang diberi kewenangan oleh peraturan perundang-undangan, yakni Pemerintah dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk menyusun dan menyepakati postur anggaran pendapatan dan belanja desa untuk tahun anggaran 2019. Dalam draft rancangan postur APBDes memuat rancangan Perdes APBDes dan Lampirannya yang berisi rincian-rincian :

  1. Pendapatan Desa (Pendapatan Asli Desa, Pendapatan Transfer dan Pendapatan Lain-Lain);
  2. Belanja Desa (Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, serta Bidang Penanggulangan Bencana); dan 
  3. Pembiayaan Desa (Penerimaan Pembiayaan Desa dan Pengeluaran Pembiayaan Desa).

Berdasarkan rancangan rincian postur APBDes yang disusun dan diusulkan oleh Pemerintah Desa diatas, Pemerintah dan BPD membahas detail rasionalisasi sumber anggaran kegiatan masing-masing pos bidang, sub bidang, belanja dan lain-lain. Apakah sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan? Apakah sudah sesuai dengan RKPDes tahun 2019 yang sebelumnya digodok dan ditetapkan? Apakah persentase 30% dan 70% sudah dipenuhi sesuai PP 47 Tahun 2015 juncto PP 43 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa? Dan pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Lebih lanjut, Baca Juga : Kumpulan Permendagri Tentang Desa

Pemerintah Desa dan BPD secara bersama harus menyepakati draft APBDes 2019 jangan sampai menyeberang tahun berikutnya. Karena kan APBDes harus ditetapkan paling lambat tanggal 31 Desember tahun berkenaan. Bisa dibayangkan apa yang terjadi jika APBDes belum juga ditetapkan sampai dengan tanggal 31 Desember tahun berkenaan?

Lebih Lanjut, Baca Juga : APBDes Dalam Perspektif Permendagri

Sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Kode Rekening APBDes di untuk tahun 2019 dan tahun berikutnya harus mengacu pada permendagri tersebut. 

Bagaimana contoh format word (doc) Peraturan Desa tentang APBDes Tahun Anggaran 2019 sesuai Permendagri 20 Tahun 2018 tersebut, silahkan download gratis format-nya dibawah ini :


Sekedar info : Format penyusunan Perdes APBDes tersebut Diolah dari Lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Dan untuk sumber link download-nya saya ambil dari Blog Format Administrasi Desa.

Download contoh format Perdes APBDes 2019 diatas, kalau ada kendala/saran tolong dinfokan dikolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung.

Demikian contoh format bagaimana cara menyusun perdes APBDes 2019. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Salam Desa Membangun Indonesia.

Posting Komentar untuk "Perdes APBDes 2019 Format Permendagri 20/2018"